Inspirasi Hidup dari macet…

111 Traffic JamMacet…!!??@&%^$^%#^#$@$&$@

Apa sih reaksi anda saat terjadi macet??. Begitu beragam pastinya. Karena dalam suatu konteks perjalanan ataupun aliran, kalau ada macet, artinya proses terhambat, dan keberhasilan proses tersebut bisa dipastikan tidak sempurna.

Seperti kejadian pagi itu, saat mulai berkendara menuju tempat kerja. Baru saja berjalan 50 meter dari rumah, untuk mulai masuk ke jalan raya, sudah macet. Saya memang sudah paham bahwa itu akan terjadi, tapi tidak berharap sampai seperti macet saat itu.

Dan dengan terpaksa dan perhitungan untung rugi yang lumayan gambling, saya balik arah mencari jalur alternatif lain. Sampai di jalur alternatif, setali tiga uang.  Malah lebih macet dari jalur biasa. Saya putar otak lagi mencari way out di jalur lain.  Setelah mencari kesana kemari, semua memang sedang macet dan tertutup.

Memang saat itu sedang ada proyek perbaikan jalan. Akhirnya sadar bahwa semua kondisi memang seperti itu, saya kembali ke jalur biasa, dan ikut dalam antrian macet, walaupun sudah loss time 10 menit. Dengan berbekal keyakinan bahwa pasti telat, saya pun mencoba merapat terus dan akhirnya bisa keluar juga dari jalur itu walau dengan susah payah.

Pagi itu mungkin saya sangat berterimaksih pada sang macet. Karena setelah dengan tenang ikut alur macet tanpa mengumpat ataupun sibuk mencari2 jalan keluar, ternyata ada hikmah dan inspirasi dalam kemacetan itu.

Dan segera hikmah ini saya match khan dengan perjalanan kita sebagai manusia, yang hidup di dunia ini.

Pertama, kalau terjebak macet, pastikan anda tahu penyebabnya caranya ya dengan bertanya (Ask)

Kedua, dalam rentang waktu macet pastikan bahwa anda minimal tahu ukuran resiko macet, dan kalau memang ada alternatif, cari itu, walaupun tetap dalam koridor ada yang memandu

Ketiga, misal anda ternyata sudah memilih untuk masuk atau mau tidak mau terpaksa dalam macet (karena ternyata macet itupun juga pilihan), pastikan anda komit, karena kesabaran dalam proses adalah salah satu penentu keberhasilan nantinya.

Hal itu berlaku juga untuk perjalanan karir,dimana hampir semua tempat mengalami hal itu. Yup, Macet Karir. Dan mencoba mempraktekan ketiga hal diatas, mau tidak mau anda harus tetap bersiap, menunggu keajaiban adanya jalan keluar. Ataupun juga harus menunggu urutan dengan damai dan tenang. Semua itu pilihan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: